Rabu, 04 Januari 2023

Keyakinan Kelas

 

Hari ini, pertama masuk kelas yang sebentar lagi akan lulus. Sudah hampir satu bulan  tidak berjumpa dengan anak-anak hebat yang selalu haus akan ilmu. Kendala alam dan geografis tidak menjadi halangan. Jalan terjal berbatu, lautan air yang menggenang. Dapat dilalui dengan selamat. Cuaca terik yang menyengat tubuh, peluh keringat mengucur sampai mata kaki. 

Anak-anak menyalami gurunya saat bertemu di depan Hall sekolah. Sambil bercerita kabar dan liburannya. Untuk memastikan kondisi psikologis dan emosional anak, kami urun rembug dahulu saat di kelas. Dilanjutkan dengan membuat kesepakatan kelas yang harus di musyawarahkan dan di diskusikan. Anak-anak sangat giat berdiskusi, menuliskan hal yang ingin dicapai berdasarkan nilai-nilai kebajikan yang sudah di sepakati. Kemudian kami mencatat semua masukan-masukkan dari murid di papan tulis. Kalimat-kalimat yang susun merupakan kalimat positif. Setelah itu kami meninjau kembali hasil dari brainstorming yang sudah dicatat. Meninjau ulang keyakinan kelas secara bersama-sama. Setelah keyakinan kelas disepakati oleh semua murid, maka semua warga kelas menandatanganinya di kertas yang sudah dicetak dan menempelkannya di dinding kelas. Berikut hasil keyakinan kelas yang sudah disepakati



Pada awalnya murid-murid tidak terbiasa dengan menyepakati keyakinan kelas ini, akan tetapi dengan dicoba secara perlahan-lahan. Murid menjadi merasa dilibatkan dalam setiap pengambilan keputusan yang berpihak pada murid. 


(Red/YanuarPras)