Senin, 09 Januari 2023

Sosiometri



Sosiometri merupakan alat atau instrumen untuk mengukur tingkat hubungan sosial seseorang dalam lingkungan kelompoknya yang beranggotakan antara 10 – 50 orang. Sosiometri pertama kai dikembangkan oleh seorang Psikoterapis bernama Jacob L.

Tujuan penggunaan bagi seorang konselor antara lain :
  • Konselor dapat memetakan siswa yang mengalami masalah pergaulan.
  • Membantu meningkatkan tingkat partisipasi siswa didalam lingkungan kelompoknya.
  • Membantu siswa untuk memahami terhadap masalah yang dihadapinya dalam lingkungan kelompoknya.
  • Merencanakan program bimbingan khususnya layanan bimbingan sosial
Manfaat penggunaaan data sosiometri bagi seorang konselor antara lain :
  • Diharapkan konselor mampu memperbaiki hubungan sosial setiap individu
  • Mendapatkan iklim yang tepat dilingkungan belajar siswa
  • Mengevaluasi program bimbingan konseling
  • Memperbaiki hubungan antara konseli dengan lingkungannya
Langkah-langkah yang harus dipersiapkan untuk menggunakan sosiometri
Tahap persiapan
Menetapkan kelompok siswa yang akan diamati
Menjelaskan tujuan sosiometri kepada siswa
Mempersiapkan angket sosiometri
Tahap Pelaksanaan
Membagikan angket sosiometri kepada siswa
Siswa mengerjakan angket sosiometri
Mengumpulkan angket sosiometri dan memastikan jawaban sesuai dengan instruksi
Tahap Pengolahan
Guru BK menginput hasil angket dari siswa ke dalam sistem
Mengolah data sosiometri dengan cara menganalisa indeks, menyusun tabel tabulasi dan membuat sosiogram.

Kelebihan Dan Kelemahan Sosiometri

Kelebihan sosiometri

  • Mengetahui hubungan sosial antara individu satu dengan lainnya.
  • Meningkatkan hubungan sosial antar siswa.
  • Menempatkan siswa dalam kelompok yang sesuai.
  • Menngidentifikasi siswa yang memiliki masalah penyesuaian diri dengan kelompoknya.
  • Membantu meningkatkan partisipasi sosial diantara siswa dengan penerimaan sosialnya.
  • Membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam pergaulan yang sedang dialami.
  • Membantu konselor dalam menciptakan iklim sosial yang lebih baik dengan menyesuaikan program yang konstruktif.

 Kelemahan sosiometri.

  • Sangat sulit dijamin kerahasiaannya, karena siswa cenderung saling mananyai pilihannya.
  • Siswa memilih bukan atas dasar pertimbangan dengan siapa dia akan paling berhasil dalam melakukan pekerjaan, tetapi atas dasar rasa simpati dan antipati.

Anda bisa menggunakan aplikasi