Rabu, 01 Februari 2023

MGBK SR 05 MENYELENGGARAKAN KKG BK PAKET 1 PERTEMUAN 1 SEKALIGUS PEMBUKAAN KKG BK SR 05 PURWANTORO TAHUN 2023

 

MGBK SR 05 telah menyelenggarakan KKG Paket 1 Pertemuan 1, pada hari ini Rabu, 1 Februari 2023 dengan agenda kegiatan Percepatan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) sekaligus pembukaan KKG BK SR 05 Purwantoro Tahun 2023. Kegiatan KKG dibuka oleh host Ibu Amalia Anggit Utami, S.Pd dilanjutkan doa dan sambutan Ketua MGBK SR 05 Purwantoro Bapak Yanuar Prasetyanto Nugroho, S.Pd.Gr. Adapun isi sambutan adalah menekankan peserta KKG BK SR 05 Purwantoro lebih aktif dalam berkegiatan, kerja sama dan saling berbagi ilmu antar peserta dan rencana kegiatan KKG tahun 2023 akan diseleggarakan 5 paket dengan harapan kegiatan KKG tersebut dapat menambah ilmu sekaligus mempererat silaturahmi antar peserta KKG. 

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh pengawas Dinas Pendidikan Kab. Wonogiri M. Ichwan Effendi, S.Pd. M.Pd. Beliau mengapresiasi respon peserta KKG terutama di SR 05 yang sangat cepat tanggap terhadap Percepatan PMM ini. Hal ini terbukti dalam satu minggu ini KKG dengan tema Percepatan IKM sudah dimulai dari semua mapel termasuk juga Bimbingan dan Konseling.  

 

Berikutnya acara inti yaitu paparan materi Percepatan IKM oleh Bapak M. Ichwan Effendi, S.Pd. M.Pd. Progres PMM di Wonogiri topik 1 – 4 yaitu 64,74%, termasuk ke dalam zona kuning. Hal ini kebanyakan terkendala pada pembuatan aksi nyata. Diharapkan dengan percepatan IKM ini akan meningkatkan capaian pada angka 85 % dimana angka tersebut masuk pada zona hijau. 

Langkah-langkah yang bisa di ambil adalah sebagai berikut :

1. Pilih aksi nyata sesuai tugas

2. Pilih aksi nyata yang paling mudah

3. Persiapkan kelengkapannya

4. Baca petunjuk

5. Gunakan media yang dikuasai

6. Susun kerangka : deskripsi, dokumentasi, refleksi dan feedback

Adapun sistematikanya adalah 

1. Judul aksi nyata

2. Deskripsi

3. Dokumentasi

4. Refleksi sesuai petunjuk

5. Feedback langsung/ googleform 

Pertemuan KKG diakhiri dengan penyusunan aksi nyata topik 1 oleh peserta. Peserta KKG sangat antusias dalam menyusun media, ada yang menggunakan canva, PPT dan Poster. 


(red/RositaSandy)